8 Jajanan Korea (Korean Street Food) yang Wajib Kamu Coba

kawakawa

8 Jajanan Korea yang Wajib Di Coba

Korea Selatan dikenal dengan budayanya yang kaya dan masakan khasnya yang lezat. Dari drama hingga musik, Korea berhasil menarik perhatian dunia. Tidak terkecuali dengan jajanan jalanan atau street foodnya yang variatif dan penuh dengan rasa. Berikut ini adalah delapan jajanan Korea yang wajib kamu coba:

Corndog Mozarella

Jajanan Korea Corndog-Mozarella

Corndog Mozarella adalah jajanan Korea dari hot dog Amerika yang dibalut dengan adonan tepung dan digoreng hingga renyah. Yang membuat unik, di dalamnya terdapat lapisan mozzarella yang leleh saat digigit, memberikan sensasi rasa gurih dan creamy. Corndog ini sering disajikan dengan taburan gula dan saus untuk menambah kelezatannya.

Garlic Bread Korea

Jajanan Korea Garlic Bread Korea

Tidak seperti garlic bread pada umumnya, versi Korea dari roti bawang putih ini lebih unik. Roti yang empuk diisi dengan campuran bawang putih, mayones, dan berbagai rempah, kemudian dipanggang hingga keemasan. Roti ini memiliki rasa yang gurih dengan aroma bawang putih yang kuat.

Kimbap

Jajanan Korea Kimbap

Kimbap sering disebut sebagai sushi Korea karena bentuknya yang mirip. Berbeda dari sushi khas Jepang, kimbap dibungkus dengan nori (rumput laut) dan diisi dengan nasi, sayuran, serta pilihan protein seperti daging sapi, telur, atau ikan. Kimbap adalah snack yang praktis dan sehat, cocok untuk dibawa sebagai bekal perjalanan.

Tteokbokki

Jajanan Korea Tteokbokki

Tteokbokki adalah jajanan Korea yang terbuat dari kue beras yang dimasak dengan saus gochujang (pasta cabai Korea) yang pedas dan manis. Tteokbokki ini seringkali dihidangkan dengan tambahan telur rebus, sayuran, dan ikan kue. Teksturnya yang kenyal dan rasa sausnya yang meresap membuat tteokbokki menjadi favorit banyak orang.

Odeng

Jajanan Korea Odeng

Odeng atau eomuk, sate olahan ikan yang disajikan dengan kuah kadlu bening. Biasanya disajikan bersama dengan tteokbokki dan disertai dengan saus pedas atau kecap. Odeng populer sebagai makanan penghangat di musim dingin dan sering ditemukan di gerai-gerai jalanan Korea.

Ramyeon

Jajanan Korea Ramyeon

Versi Korea dari ramen Jepang, ramyeon adalah mie instan yang dimasak dengan kaldu yang kaya rasa dan sering kali pedas. Ramyeon biasanya ditambahkan dengan sayuran, telur, atau daging untuk membuatnya lebih berisi. Ini adalah comfort food yang sempurna untuk hari-hari yang dingin.

Bungeoppang

Jajanan Korea Bungeoppang

Bungeoppang adalah kue ikan yang diisi dengan pasta kacang merah manis. Adonan dibuat dari tepung terigu dan telur, kemudian dicetak dalam bentuk ikan dan dipanggang. Teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam membuat bungeoppang sangat digemari sebagai snack di musim dingin.

Yangnyeom Tongdak

Jajanan Korea Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak adalah ayam goreng Korea yang dibumbui dengan saus pedas manis. Ayamnya digoreng hingga kulitnya renyah, kemudian dilumuri dengan saus yang dibuat dari campuran gochujang, madu, dan bumbu lainnya. Sensasi rasa pedas, manis, dan gurih membuatnya sulit untuk ditolak.

Jajanan Korea ini menawarkan berbagai rasa dan sensasi yang unik, mencerminkan kekayaan budaya kuliner Korea. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba salah satu, atau bahkan semua, dari jajanan khas Korea ini!

Tags:

Leave a Reply